Senin, 28 Maret 2011

Gombloh

Penyanyi dan Musisi Balada 
GOMBLOH ( 1948-1988 )

        Gombloh terlahir dengan nama Soedjarwoto Soemarsono pada tanggal 14 juli 1948 di Jombang, Jawa Timur. Ia adalah anak keempat dari pasangan Slamet dan Tatoekah. Keluarga Gombloh hidup sederhana dari penghasilan ayahnya yang pedagang ayam potong. Meski begitu, ayahnya ingin keenam anaknya dapat bersekolah setinggi mungkin.

       Gombloh menyelesaikan sekolahnya di SMA Negeri 5 Surabaya. Kemudian, ia masuk Jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Surabaya. Namun, kecintaan akan seni membuat tertekan dengan kehidupan kuliah yang teratur dan rutin.
Gombloh akhirnya memilih untuk pergi ke Bali dan mendalami seni.

       Karier musiknya diawali saat ia bergabung dengan group beraliran rock, Lemon Tree's Anno '69. Gombloh banyak menggambarkan kehidupan sehari- hari dengan lagu - lagunya. sebagai penulis lagu balada, Gombloh juga menulis lagu tentang kerusakan alam. Lagu baladanya yang cukup terkenal berjudul Lestari Alamku.

       Tak hanya itu, Gombloh menuangkan kecintaannya akan Indonesia juga melalui lagu. Lagu-lagunya yang bertema nasionalisme, misalnya Gugur Bunga, Pesan Buat Negeriku, dan Kebyar-kebyar. Di akhir kariernya,  Gombloh menulis lagu-lagu pop dengan lirik yang lebih ringan dan jenaka.

        Gombloh meninggal dunia pada usia 39 tahun, persisnya 9 january 1988 di Surabaya. Ia meninggal karena sakit paru-paru yang di deritanya. Pada 30 Maret 2005, di acarapuncak Hari Musik Indonesia di Jakarta, Gombloh mendapat penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar